BMKG Sebut Isu Kemarau Panjang dan Kekeringan Akan Terjadi Mulai 2019 hingga 2022, HOAX

TRIBUNNEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut kabar akan terjadinya musim kemarau panjang mulai 2019 hingga 2022, adalah kabar bohong alias hoax!

Beberapa waktu belakangan, masyarakat dihebohkan dengan adanya pesan yang menyebut akan terjadi kemarau panjang dan kekeringan.

Kemarau panjang itu dikabarkan terjadi mulai 2019 hingga tahun berikutnya.

Baca: 3 Alasan Cuaca Panas di Pulau Jawa Menurut BMKG, Ternyata Bukanlah Terpanas

Isu tersebut meluas dan tersebar lewat jejaring jejaring media sosial, pesan berantai, dan muncul dalam artikel di komunitas online, tulisan di blog, hingga dokumentasi ceramah, serta voice-over informatif di Youtube.

Begini isi pesan berantai tersebut, “BMKG Prediksi Kemarau Panjang Tahun 2019 hingga 2022 : keluarnya Dajjal telah sangat dekat?”

Klaim itu disebut dari BMKG hingga BMKG Eropa.

Untuk meyakinkan pembaca, klaim dimunculkan dalam bentuk tangkapan layar atas artikel The Guardian yang dimasukkan ke dalam artikel.

Isu tersebut langsung dibantah oleh BMKG.

Deputi Klimatologi BMKG, Herizal menyatakan, informasi itu terus muncul setiap tahun dan terus beredar ulang di masyarakat.

“BMKG telah membantah isu yang meresahkan tersebut melalui berbagai media hampir tiap tahun, namun tiap tahun juga isu tersebut terus beredar-ulang,” kata Herizal dilansir Tribunnews.com dari akun Instagram resmi BMKG, @infobmkg, Senin (15/10/2018).