Dorong UMKM, Go-Jek gelar pelatihan wirausaha di Purwokerto

KONTAN.CO.ID – BANDUNG. Sebagai bentuk dorongan untuk memberdayakan UMKM, Go-jek penyedia layanan on-demand berbasis teknologi, menggelar pelatihan wirausaha di Purwokerto.

Acara yang digelar di Oemah Daun Cafe & Resto, Purwokerto ini merupakan kegiataan Go-jek bersama Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (Muslimat NU) dan Forum Corporate Social Responsibility (CSR) Satria Banyumas yang bertujuan membantu para pengusaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) supaya bisa meningkatkan skala bisnisnya usaha dan memperluas pasar mereka melalui teknologi. .

Delly Nugraha, SVP Central Region Go-Jek mengatakan acara tersebut dihadiri oleh lebih dari 200 pengusaha UMKM, dan dibuka langsung oleh Kanjeng Haryo Adipati Purbowinoto Ir. H. Achmad Huseian, Bupati Banyumas.

“Sejak Gojek hadir di Purwokerto tahun lalu, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan perekonomian di Purwokerto salah satunya melalui akses bagi para pekerja sektor informal dan UMKM untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan perluasan pasar,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (12/10).

Menurutnya, Purwokerto ini sudah menjadi kota ketiga diselenggarakannya program ini setelah Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan.

“Melalui program ini, diharapkan bisa memperkuat komitmen go-jek yang bukan hanya untuk para UMKM namun juga para calon wirausaha mandiri,”ujarnya.

Sementara materi yang diajarkan di GO-JEK Wirausaha mulai dari perencanaan bisnis hingga mengelola keuangan yang baik sebagai fundamental membangun bisnis.

“Mereka yang ingin memulai usaha banyak terkendala dengan berbagai macam halangan, terutama mentalitas dan kemampuan dasar berbisnis. Oleh karena itu disini mereka akan belajar untuk berani dan cerdas dalam memulai bisnis,” ujarnya.

Selain belajar bersama tentang kemampuan fundamental dalam berbisnis, peserta pelatihan yang sudah memiliki bisnis dapat langsung mendaftarkan usahanya ke dalam platform GO-FOOD dan GO-PAY.

“Hal ini agar para pelaku UMKM bisa langsung memasarkan, menjual, dan mengembangkan usahanya secara digital,” tuturnya.

Alhasil, lanjut Delly dengan pelatihan di Purwokerto ini, maka sudah tercatat sebanyak 400 pelaku UMKM sudah mengikuti program GO-JEK Wirausaha sehingga menjadi #WirausahaNaikKelas.

Reporter: Nur Pehatul Janna
Editor: Narita

Reporter: Nur Pehatul Janna
Editor: Narita

TRANSPORTASI ONLINE