Rodrigo Duterte Tidak Menderita Kanker

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tidak mengidap kanker, kata penjabat sementara Menteri Dalam Negeri Filipina, tetapi dia menolak mengungkapkan alasan mengapa pemimpin yang dikenal keras ini menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di sebuah rumah sakit swasta.

Masyarakat Filipina terus mendesak informasi tentang kesehatan Presiden Rodrigo Duterte setelah pria berusia 73 tahun itu melewatkan dua acara resmi pekan lalu.

“Dia mengungkapkan kepada kami bahwa hasil tes [kankernya] negatif, salah satunya tes yang dilakukan dengan mengambil sampel dari ususnya,” Eduardo Ano mengatakan kepada wartawan dalam sebuah acara yang diunggah di Facebook Live oleh kantor berita lokal Filipina.

Eduardo Ano mengatakan Presiden Duterte mengakui hasil tes tersebut dalam sidang Kabinet pada Senin (8/10/2018) malam.

Presiden melakukan kunjungan tak terjadwal ke rumah sakit di mana dokter memintanya untuk mengulang tes saluran pencernaan tiga minggu setelah tes serupa.

Kondisi Presiden Duterte “tidak serius” dan akan tetap menjadi masalah rahasia, juru bicaranya Harry Roque mengatakan pada sebuah pengarahan terpisah, menolak untuk mengkonfirmasi atau menyangkal pernyataan sebelumnya dari penjabat sementara Menteri Dalam Negeri.

“Presiden akan mematuhi konstitusi, tetapi karena kondisinya tidak serius, ia akan memperlakukan kondisi medisnya sebagai rahasia,” katanya.

Roque menolak memberikan rincian hasil tes dan kesehatan Presiden Duterte.

“Mari kita tunggu hasil lengkapnya. Apa pun yang bersifat rahasia dapat diabaikan oleh orang itu sendiri,” katanya.