Ini 5 Mobil Rakitan Indonesia yang Paling Laris Diekspor

Suara.com – Industri otomotif tanah air terus menggenjot ekspor mobil rakitan Indonesia seperti yang dicanangkan pemerintah.

Namun dari sekian banyak produk otomotif yang dikirim ke luar negeri, model mana yang sebenarnya paling paling banyak diekspor?

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Rush rupanya menjadi model paling laris dikirim ke negara tetangga. Tercatat sepanjang bulan Agustus, Rush sudah terkirim sebanyak 3.899 unit.

Pencapaian tersebut kemudian disusul Xpander dengan 3.735 unit, Wigo (Agya versi Filipina) 3.130 unit, Fortuner 2.803 unit, dan Avanza 2.717 unit.

Sementara itu, pabrikan yang paling banyak mengekspor kendaraan buatan mereka secara utuh pada Agustus 2018 adalah Daihatsu dengan 11.345 unit. Hal itu tidak mengherankan, mengingat mereka juga mengirim mobil dengan merek Toyota ke mancanegara.

Data yang dipaparkan Gaikindo juga menyebut Datsun, Nissan dan Chevrolet menjadi merek dagang yang sama sekali belum melakukan ekspor sepanjang 2018.

Nah, sudah terjawab kan mobil rakitan Indonesia mana yang paling banyak diekspor ke luar negeri?