Mobil Kolaborasi Toyota dan Suzuki Meluncur Tahun Depan

Suara.com – Dua pabrikan otomotif  Jepang, Toyota Motor Corporation dan Suzuki Motor Corporation siap melakukan kolaborasi dalam pengembangan kendaraan roda empat (R4) bertenaga listrik untuk pasar India. Tidak hanya itu, keduanya bahkan dikabarkan akan berbagi teknologi hibrida.

Hal ini adalah babak lanjutan dari perjanjian yang dilakukan pada November 2017, saat kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk pengembangan bersama dan ritel kendaraan listrik di India pada pergantian dekade.

Mengutip Indianautos, dua model hibrida yang tengah dipersiapkan menggunakan teknologi itu yaitu model Baleno dan Vitara Brezza. Versi hibrida dari dua model akan mendapatkan baterai lithium-ion dan sistem 12-volt.

Namun seiring perkembangannya, kekuatan perangkat akan ditingkatkan sesuai aturan terhadap mobil ramah lingkungan pada 2023. Di mana model ini diklaim mampu menghasilkan output dari 48 hingga 72 volt.

Kolaborasi antara keduanya dinilai akan menguntungkan. Pasalnya kedua produsen bisa saling berbagi biaya pengembangan baterai yang saat ini masih sangat mahal.

Toyota dan Suzuki rencananya akan meluncurkan produk bersamanya pada kuartal pertama tahun depan. Maruti dan Toyota mengembangkan varian hibrida dari Baleno & Vitara Brezza