Mencicipi Makanan Khas Kalimantan di Festival Kuliner Serpong

Satai Kuah Pontianak, khas Kalimantan yang ada di Festival Kuliner Serpong 2018. (Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Jakarta: Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau yang terbesar di Indonesia. Dengan beragam kebudayaan, keindahan alam, dan kekayaan kuliner khasnya, berwisata di Pulau Kalimantan bisa menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan.

Namun saat ini Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mencicipi makanan dan suasana khas Kalimantan yang tidak jauh dari Jakarta. 

Festival Kuliner Serpong 2018 yang diadakan di area parkir selatan Summarecon Mal Serpong bisa Anda kunjungi jika Anda ingin merasakan makan-makanan khas Kalimantan dan dekorasi khas Kalimantan. Berbagai makanan dan minuman khas Kalimantan ada di Festival Kuliner Serpong 2018 ini. 

Mulai dari Bubur Ikan Aweng, Satai Kuah Pontianak, Bubur Pedas Sambas, Rujak Idola Singkawang, Soto Banjar dan Satai Tulang Borneo, serta masih banyak lagi.

Dito, penjual Satai Kuah Pontianak mengatakan, “Satai Kuah Pontianak ini memang beda dengan satai-satai biasanya, kita menggunakan kuah dari kaldu daging dan kunyit yang sama seperti pada kuah soto-soto lainnya.”

(Baca juga: Membedah Pesona Bumi Borneo di Festival Kuliner Serpong 2018)


(Es Sonkit khas Kalimantan dari buah jeruk di Festival Kuliner Serpong 2018. Foto: Dok. Medcom.id/Raka Lestari)

Selain itu, di acara Festival Kuliner Serpong 2018 ini ada juga salah satu minuman khas Kalimantan, yaitu Es Sonkit. Sonkit sendiri merupakan es yang terdiri dari buah jeruk. 

Selain Es Sonkit, minuman khas Kalimantan lainnya adalah Es Lidah Buaya dan Es Rumput Laut. “Jadi Sonkit itu artinya buah jeruk. Es Sonkit itu berarti es jeruk cuma memang jenis jeruk yang digunakan adalah jeruk Sonkit itulah kenapa dinamakan es sonkit,” tutur Ridwan. 

Namun jika Anda ingin juga mencoba camilan yang enak, Anda bisa memilih pisang srikaya yang menjadi salah satu favorit dalam gelaran Festival Kuliner Serpong. Pisang yang diberikan isian srikaya ini merupakan salah satu camilan khas Kalimantan yang bisa Anda pilih ketika berkunjung ke sana.  

(TIN)