Astra Daihatsu DSO DKI 1 Gelar Sosialisasi Thalasemia ke Siswa SMK di Jakarta Selatan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyakit thalasemia kini menjadi ancaman bagi kehidupan masyarakat di Indonesia lantaran jumlah penderitanya terus bertambah akibat kurangnya informasi dan pemahaman masyarakat tentang penyakit generatif ini.

Penyakit ini diturunkan ke anak dari orangtua, pria dan wanita penderita thalasemia lalu melakukan pernikahan.

Mereka yang menderita penyakit ini produktivitasnya menjadi menurun dan terus menerus harus menjalani transfusi darah yang menghabiskan banyak biaya.  

Saat ini diperkirakan terdapat 9.000 penderita thalasemia dengan sekitar 40 persen diantaranya berada di Jawa Barat.

Menyikapi perlunya menyebarluaskan bahaya penyakit thalasemia, dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang, Jakarta Selatan, menggelar kegiatan sosialisasi pencegahan penyakit thalasemia kepada sekitar 80-an siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) kelas 12 di SMK YP Mulia di Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Edukasi thalasemia Kegiatan sosialisasi dan edukasi penyakit thalasemia yang diselenggarakan Dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang ke siswa kelas 12 di SMK YP Mulia, Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Erni Cahyawati, Area Administrasi Koordinator DKI 1 Astra International Daihatsu Sales Operation mengatakan, kegiatan edukasi pencegahan thalasemia ini menjadi bagian dari kegiatan corporate social responsiblity (CSR) Astra Daihatsu Pondok Pinang. 

Dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang berada di bawah Astra Daihatsu DSO DKI 1 yang mencakup wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang Raya dan Serang.

“Tahun ini kita memberikan edukasi di 3 lokasi. Yang sudah dilakukan di sebuah SMK di Karawaci pada 10 September 2018 lalu.

Satu kegiatan edukasi lainnya akan kita selenggarakan di Jakarta Pusat dilanjutkan dengan kegiatan screening darah gratis, dan fun day, sekitar awal Oktober,” ungkap Erni. 

Thalasemia Kegiatan sosialisasi dan edukasi penyakit thalasemia yang diselenggarakan Dealer Astra Daihatsu Pondok Pinang ke siswa kelas 12 di SMK YP Mulia, Kompleks Perhubungan, Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Erni menjelaskan, kegiatan edukasi ini mencakup pemberian wawasan ke siswa tentang penyakit thalasemia yang diturunkan secara genetik, metode penanganan dan cara mencegah.